Raih Bintang 5 dalam Employability QS Star, Lulusan AMIKOM Sangat Tinggi terserap Dalam Dunia Profesional dan Bisnis

17 July 2020 | Berita Utama

Tingkat Kesiapan Kerja (Graduate Employability) Lulusan Universitas Amikom Yogyakarta mendapat predikat tertinggi (bintang lima) dalam rating evaluasi QS Star. Secara keseluruhan Universitas Amikom Yogyakarta mendapatkan Rating QS Tar bintang 3 dari maksimal 5. Kategori yang dinilai terdiri dari Teaching (3), Employability (5), Academic Development (4), Facilities (4), Innovation (3), Arts & Culture (3), dan Program Strength: Informatics (3).

Tingginya Rating employability yang diraih Universitas Amikom Yogyakarta menunjukan tingginya kesempatan lulusan amikom dalam mendapatkan pekerjaan atau menjadi pengusaha setelah mereka diwisuda, beberapa poin yang dinilai dalam kategori Employability diantaranya mencakup kesiapan kerja, kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multi-budaya, dukungan layanan karir, dll.

QS Stars sendiri merupakan sistem rating universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) untuk mengukur Kualitas Pendidikan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejak tahun 2004, QS Star telah diakui secara internasional sebagai salah satu tolok ukur standarisasi kualitas dari perguruan tinggi dunia.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan, Dr. Arief Setyanto menyampaikan bahwa Pencapaian ini merupakan awal dari peningkatan terus menerus sebagai perguruan tinggi yang semakin baik di masa depan. Assesmen dari QS memberikan guidance bagi amikom untuk memperbaiki kekurangan kekurangannya dan meningkatkan keunggulannya secara konsisten dan persisten.

Serah Terima Dokumen Penghargaan Hasil Akreditasi Internasional QS Star dilangsungkan secara daring pada hari Jum’at (17 Juli 2020) oleh Regional Director – Southeast Asia | QS Intelligence Unit, Mr. E Way Chong. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Universitas Amikom Yogyakarta.

Mr. E Way menyampaikan bahwa banyak hal yang bisa ditingkatkan agar dapat menjadi universitas top dunia. Salah satunya terkait dengan internasionalisasi, yaitu dengan mengadakan berbagai program seperti pertukaran pelajar internasional, atau berbagai aktivitas internasional lainnya untuk meningkatkan pengalaman internasional mahasiswa Amikom. Mr. E Way juga menambahkan beberapa hal terkait dengan graduates Employment. Menurutnya, universitas harus mampu memproduksi lulusan berkualitas yang siap di dunia industri (Kerja) agar bisa diakui sebagai salah satu perguruan tinggi top di Indonesia.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. M. Suyanto menyampaikan rasa optimismenya atas pencapaian Universitas Amikom Yogyakarta dalam mendapatkan rating bintang 3 QS Star.

“ini adalah langkah awal yang pertama. kita masih memiliki langkah-langkah berikutnya untuk mencapai visi Amikom menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif berbasis kewirausahaan yang menebar kebajikan”, Kata Prof Suyanto.

*ehs.Fry


 

Video Serah Terima Serah Terima Dokumen Hasil Akreditasi QS Star