Tim AMCC Universitas Amikom Yogyakarta Raih Medali Emas Pada Kompetisi Inovasi Teknologi Tingkat Internasional di Singapore

11 May 2020 | Berita Utama

21 November 2019 | Berita Utama

Singapore, 17 November 2019, lebih dari 100 tim dari 10 negara berkumpul di Nanyang Technological University of Singapore untuk mengikuti Final AIGC (Advanced Innovation Global Competition) 2019 yang diselenggarakan oleh kolaborasi AI-JAM dan INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) .

AIGC 2019 kali ini merupakan event AIGC yang pertama. Karena tingginya antusias peserta yang ingin mengikuti kompetisi ini, maka dalam pembukaan AIGC 2019 presiden dari AI-JAM, Ryan Koo menyatakan bahwa event ini akan menjadi event tahunan yang mana akan kembali dihelat pada tahun 2020. AIGC 2019 memiliki beberapa kategori kompetisi,  dan salah satunya adalah kategori ICT (Information and Communication Technology) yaitu, cabang yang diikuti oleh tim dari perwakilan Universitas Amikom Yogyakarta yang menjadi representatif negara Indonesia

Tim AMCC (Amikom Computer Club) selaku perwakilan Universitas Amikom Yogyakarta untuk kategori ICT berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan lebih dari 80 tim lainnya dari 10 negara peserta AIGC, termasuk diantaranya Jepang, Ukraina, China,Egypt, Thailand, dan lain-lain.

Pada babak final, tim AMCC  yang beranggotakan Syekh Arpi Ageng (Product Manager) , Sandy Priyatna (Programmer), Ali Rahmat Ismail (Programmer) serta Riana Anggita Saputri (Designer)  mempresentasikan sebuah produk aplikasi yang berguna untuk menyediakan layanan angkutan sampah yang bernama “Matrash” . Produk yang masih dalam tahap pengembangan ini sudah melalui tahap riset dan validasi pasar serta pendampingan yang dilakukan oleh Kampus ( Universitas Amikom Yogyakarta) secara intensif selama 4 bulan.

Saat ini aplikasi Matrash sudah memiliki HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang tercatat di kementrian Hukum dan HAM Indonesia, yang mana juga menjadi salah satu program yang didukung penuh oleh Universitas Amikom Yogyakarta untuk membantu mahasiswanya untuk memperoleh HaKI secara gratis.

Sesuai dengan slogannya “ Creative Economy Park” , Universitas Amikom Yogyakarta sangat mendukung mahasiswanya agar bisa melahirkan lebih banyak inovasi baru untuk menyumbangkan pelaku-pelaku industri kreatif di Yogyakarta bahkan Indonesia, khususnya pada sektor industri teknologi sebagai bentuk optimisme menyambut era Revolusi Industri 4.0.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Krisnawati mengatakan, Prestasi yg sangat membanggakan dari mahasiswa-mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kerja keras tim, yg perlu ditingkatkan lagi dari tahun ke tahun, sejalan dengan penyesuaian kurikulum masing-masing prodi untuk mengikuti perkembangan terkini dalam bidang ICT berbasis entrepreneurship dan ekonomi kreatif.

Selamat dan sukses kepada tim AMCC, semoga menjadi inspirasi seluruh mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta khususnya dan Mahasiswa Indonesia umumnya untuk bisa meraih prestasi internasional.