Universitas AMIKOM Yogyakarta Melakukan MoU dengan Beberapa Perguruan Tinggi di India

7 March 2020 | Berita Utama

Direktur Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta, Dr. Kusrini, M.Kom. berkunjung dan melakukan penandatanganan MoU dengan beberapa perguruan tinggi di Chennai dan Bengaluru, India (9-15 Februari 2020). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari agenda Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer  (APTIKOM) Goes to India 2020 , yang diikuti oleh 30 Orang Profesor dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Beberapa Perguruan Tinggi di India yang dikunjungi dalam agenda tersebut, yakni SRM Institute of Science and Technology, Sathyabama Institute of Science and Technology, dan Nitte Meenakshi Institute of Technology. Peserta juga melakukan kunjungan ke Industri ZOHO Corporation, Sri Ramachandra Institute of Higher Education and Research, dan mengikuti Indonesia-India Joint Conference yang diadakan di Acharya Institute of Technology.

Dalam kesempatan tersebut, Universitas AMIKOM Yogyakarta juga melakukan penandatanganan MoU dengan beberapa Perguruan tinggi diatas. Ruang lingkup MoU yang disepakati merupakan berbagai kerjasama dalam bidang pendidikan yang terkait dengan Pertukaran Mahasiswa & Staf di luar Negeri, Research Collaboration dan berbagai kerjasama lain yang menguntungkan kedua instansi.

Diluar agenda APTIKOM Goes to India 2020, Dr. Kusrini juga diundang oleh Chandigarh University di Utara India untuk menjadi dosen tamu disana. Beliau memberikan 5 Sesi materi kepada mahasiswa pascasarjana Komputer mengenai materi Image Processing, Machine Learning, Deep Learning dan Phyton.

Kesempatan mengajar ini digunakan untuk membangun peluang kerjasama research dengan universitas tersebut. Saat ini ada satu mahasiswa pascasarjana yang ikut melakukan kolaborasi penelitian bersama dengan dosen Universitas Chandigarh

Dr. Kusrini berharap kunjungan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dosen dan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, Khususnya Program MTI AMIKOM, terutama di bidang Information Communication Technology Management (ICTM) serta menambah ilmu pengetahuan dan menjalin relasi dengan berbagai perguruan tinggi dari dalam maupun luar negeri.

Pers Release and Documentation : bit.ly/amikomnews2027

Created by: @amikomcc

Koresponden : Kusrini

Writed by : Naufal

Editor: Fadya

Reporter : Naufal, Yogi