Universitas Amikom Yogyakarta Sambut 22 Mahasiswa PMM Mandiri Hasil Kerjasama dengan 4 Perguruan Tinggi

4 October 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 3 Oktober 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebijakan Kampus Merdeka dengan menyelenggarakan acara penyambutan bagi 22 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Mandiri. Mahasiswa-mahasiswa ini merupakan hasil kerjasama dengan empat perguruan tinggi mitra, yakni Universitas Dipa Makassar, Universitas Fort De Kock Bukit Tinggi, Universitas Nurul Huda OKU Timur, dan Institut Teknologi Garut.

Acara penyambutan ini berlangsung di Ruang Cinema, Gedung VI Universitas Amikom Yogyakarta dan disiarkan langsung melalui Zoom, dengan dihadiri oleh perwakilan dari perguruan tinggi mitra.

Program PMM Mandiri ini merupakan bentuk implementasi kebijakan Kampus Merdeka yang mendorong perguruan tinggi untuk menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara mandiri. Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar di lingkungan akademik yang berbeda, memperluas wawasan lintas budaya, serta meningkatkan keterampilan di bidang informatika.

Selama masa program, para mahasiswa akan mengikuti perkuliahan dan terlibat dalam penelitian yang didampingi oleh dosen-dosen Universitas Amikom Yogyakarta. Terdapat 4 Program studi yang menjadi tujuan Program ini, yaitu S1 Kewirausahaan, S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Teknologi Informasi.

22 mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini akan mengikuti perkuliahan dan terlibat dalam penelitian yang didampingi oleh dosen-dosen Universitas Amikom. Mahasiswa dari Universitas Fort De Kock akan berada di Amikom selama setengah semester, sedangkan mahasiswa dari Universitas Dipa Makassar, Universitas Nurul Huda OKU Timur, dan Institut Teknologi Garut akan mengikuti program selama satu semester penuh.

Dalam kesempatan tersebut, Juga dilakukan Sosialisasi Sistem Akademik Universitas Amikom Yogyakarta oleh Direktorat Innovation Center, agar memberikan kemudahan bagi mahasiswa PMM Mandiri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar selama berada di Amikom.

Selain pengalaman akademis yang mereka dapatkan, mahasiswa PMM Mandiri juga diharapkan dapat membawa pengalaman lintas budaya ke dalam dunia akademik mereka. Pertukaran ide, diskusi, dan kolaborasi yang terjalin selama program akan menjadi nilai tambah bagi para mahasiswa dalam menghadapi dunia global.

Dengan adanya program ini, Universitas Amikom Yogyakarta terus berperan aktif dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan masa depan, serta mempererat kerjasama antara perguruan tinggi di Indonesia.

Fadya RY – 
Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional