Dosen S1 Teknik Komputer Lanjutkan Studi Doktoral di Jepang dengan Beasiswa MEXT

30 September 2024 | Berita Utama

Dosen Universitas Amikom Yogyakarta Prodi S1 Teknik Komputer, Anggit Ferdita Nugraha, S.T., M.Eng.. mendapatkan Beasiswa Doktoral MEXT (Monbukagakusho) dari Pemerintah Jepang untuk melanjutkan studi doktoralnya di Graduate School of Systems Design Department of Computer Science di Tokyo Metropolitan University.

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Research Scholarship adalah Peluang emas bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S3 di Jepang dengan pembiayaan penuh. Dengan dukungan penuh dari pemerintah Jepang, beasiswa ini menawarkan berbagai manfaat, termasuk biaya kuliah, tunjangan hidup, tiket pesawat, dan akomodasi. Selain itu, fleksibilitas dalam memilih universitas dan bidang studi membuat program ini menarik bagi pelamar dari berbagai latar belakang akademik.

Proses pendaftaran untuk beasiswa MEXT Research melibatkan beberapa tahap yang melibatkan evaluasi dokumen dan wawancara. Setelah semua dokumen terkumpul, pelamar akan melalui tahapan seleksi yang melibatkan perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang di negara asal pelamar.

Seleksi ini menilai potensi akademis pelamar, kemampuan riset, serta relevansi rencana studi dengan program yang dipilih. Calon penerima beasiswa yang lolos seleksi awal akan diundang untuk mengikuti wawancara di Kedutaan Besar Jepang, di mana pelamar akan dinilai berdasarkan rencana studi mereka serta motivasi untuk melanjutkan studi di Jepang.

Setelah diterima, penerima beasiswa akan memulai studi mereka di universitas pilihan di Jepang. Mereka akan bergabung Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan pengalaman langsung mengenai budaya dan kehidupan di Jepang, yang kaya akan tradisi dan teknologi modern.

Selama melanjutkan studi Doktoralnya di Tokyo Metropolitan University, Bpk. Anggit akan bergabung dengan komunitas akademik global yang dinamis dan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan para peneliti terkemuka di Jepang. Beliau berharap studi ini tidak hanya memperkaya keilmuannya, tetapi juga memungkinkannya untuk menjalin kolaborasi strategis dengan para expert di Jepang

“Saya merasa sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Semoga bisa dilancarkan Studinya, Bisa menjalin relasi baik dengan para expert di Jepang dan bisa memberikan manfaat yang lebih besar di masa depan, baik bagi dirinya, komunitas akademik, maupun bagi Universitas Amikom”, Tambahnya.

Fadya RY – 
Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional