Universitas Amikom Yogyakarta Gelar Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) 2024

10 September 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 9 September 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta kembali menyelenggarakan acara tahunan Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) yang berlangsung dengan meriah. PPM sendiri adalah kegiatan orientasi mahasiswa baru ala Amikom yang bertujuan untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Selain memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru, PPM juga bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Program ini dirancang agar mahasiswa tidak hanya sekadar memahami lingkungan akademik kampus, tetapi juga mampu mengembangkan bakat, keterampilan, dan potensi pribadi mereka.

Tahun ini, PPM dilaksanakan selama empat hari (9 -12 September 2024) dengan mengusung tema ” Finding A Way To The Future”. Tema ini berangkat dari Universitas merupakan tempat petualangan dalam mencari jati diri dan meningkatkan kemampuan diri untuk masa depan yang diinginkan. Sehingga mahasiswa perlu dibekali untuk persiapan petualangannya, tidak hanya mengandalkan keberanian dan keberuntungan saja.

Dalam Sambutannya di Opening PPM 2024, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM menyampaikan visi besar universitas sebagai pusat inovasi dan kreativitas. Beliau juga menyoroti peran besar Amikom dalam industri animasi global, menyebut bahwa Amikom sedang dipersiapkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat animasi dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Suyanto menjelaskan empat budaya utama yang dianut oleh Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu Enjoying Culture, Learning Culture, Caring Culture, dan Purpose Culture. Enjoying Culture dimana mahasiswa Amikom harus selalu tersenyum dan menjaga sikap mental positif, Learning Culture dimana Mahasiswa selalu mengosongkan gelasnya dan terbuka dalam belajar. Caring Culture dimana Mahasiswa harus selalu peduli terhadap sesama. dan Purpose Culture di mana setiap tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa harus memiliki tujuan yang jelas.

Prof. Suyanto berharap bahwa dengan keempat budaya ini, mahasiswa baru Amikom akan tumbuh menjadi individu yang siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional. “Amikom bukan sekadar universitas, tetapi adalah tempat di mana ide-ide besar diwujudkan, prestasi dicapai, dan kontribusi diberikan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

Berikut ini adalah video Opening PPM 2024

Setelah Sesi Opening, acara dilanjutkan dengan sesi Orientasi mahasiswa, yang menekankan pentingnya kepemimpinan, kreativitas, dan inovasi. serta, Perkenalan berbagai Layanan Mahasiswa agar mahasiswa baru bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut selama masa kuliah, termasuk layanan akademik, non-akademik, dan pendukung lainnya, yang akan membantu mereka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan diri.

Hari kedua (10 September) akan diisi dengan dua talkshow: Peduli Kesehatan Mental & Kekerasan Seksual Mahasiswa oleh Swastika Ayu N, M. Psi., dan Jiwa Muda Bergelora untuk Berkarya oleh M. Akbar Maulana, M.Kom. Di hari ketiga (11 September), mahasiswa mengikuti Talkshow Literasi Keuangan yang dipersembahkan oleh Bank MANDIRI. Selama PPM, mahasiswa juga diperkenalkan lebih jauh dengan berbagai lembaga, fakultas, program studi, serta himpunan dan organisasi mahasiswa yang ada di Amikom.

Rangkaian PPM 2024 akan ditutup dengan Parade Show dan Inagurasi pada 12 September, yang menjadi puncak acara. Inagurasi ini akan menampilkan berbagai penampilan kolaborasi dari lembaga, organisasi mahasiswa, serta mahasiswa baru. Karya-karya terbaik dari mahasiswa baru juga akan diapresiasi dalam acara ini.

Acara PPM 2024 ini juga disiarkan langsung melalui akun YouTube PPM Amikom:
https://www.youtube.com/@ppmuniversitasamikom6983