Roadshow Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum PKP DIY) edisi ke-4

29 August 2024 | Berita Utama

**Yogyakarta, 28 Agustus 2024** – Universitas Amikom Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam agenda Roadshow Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum PKP DIY) edisi ke-4 yang diadakan pada hari Rabu, 28 Agustus 2024, di Citra 2 Gedung 2 Universitas Amikom Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh sekitar 25 orang anggota Forum PKP DIY

Roadshow ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran dan inovasi terkait penanganan perumahan dan kawasan permukiman di DIY, serta untuk memfasilitasi pertukaran gagasan dan informasi di antara para anggota forum dan masyarakat luas. Tema yang diusung pada edisi ke-4 ini adalah “Alternatif Hunian Vertikal Untuk Mendukung Kota Berkelanjutan.” Acara ini menghadirkan dua narasumber dari Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu Bagus Ramadhan, ST., M.Eng., dan Rhisa Aidilla Suprapto, ST., M.Sc.,

Bagus Ramadhan dalam presentasinya yang berjudul “Rekomendasi Atas Review Perda DIY No. 9/2019 tentang RP3KP DIY 2019-2039” memaparkan pentingnya revisi Perda tersebut. Beliau menekankan perlunya penyesuaian regulasi agar lebih adaptif terhadap tantangan pembangunan perumahan di masa depan, khususnya dalam konteks kota berkelanjutan. Revisi ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan perumahan yang lebih berkelanjutan, khususnya dengan mempertimbangkan keterbatasan lahan dan harga tanah yang terus meningkat.

Sementara itu, Rhisa Aidilla Suprapto, mempresentasikan “Studi Model Rumah Sehat Energi”. Rhisa menjelaskan bahwa model rumah sehat energi tidak hanya fokus pada efisiensi energi, tetapi juga pada penciptaan hunian yang nyaman dan sehat bagi penghuninya. Menurutnya, integrasi teknologi hijau dalam desain hunian vertikal dapat menjadi solusi efektif dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di DIY.

Forum PKP DIY sendiri dibentuk sebagai wadah diskusi dan konsolidasi kepentingan bersama dalam penyelenggaraan PKP, dengan tujuan untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait arah pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di DIY. Forum ini juga berperan dalam meningkatkan peran serta masyarakat dan melakukan fungsi mediasi dalam bidang penyelenggaraan PKP.

Dengan terselenggaranya Roadshow edisi ke-4 ini, Universitas Amikom Yogyakarta berharap bahwa hasil diskusi dan pertukaran ide yang terjadi dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kebijakan dan praktik yang lebih baik di sektor perumahan dan kawasan permukiman. Kolaborasi yang baik antara semua pihak diharapkan dapat mempercepat terwujudnya hunian yang layak, terjangkau, dan berkelanjutan di Yogyakarta.