Universitas Amikom Yogyakarta Gelar Awarding Amikom Video Competition 2024

27 August 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 24 Agustus 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta kembali menggelar acara tahunan Awarding Amikom Video Competition (AVC) 2024 pada Sabtu, 24 Agustus 2024, bertempat di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta. Kompetisi ini merupakan ajang kreasi video tingkat nasional yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di Indonesia.

AVC 2024 mengusung tema “Antara Fana dan Realita Remaja,” yang menggambarkan kisah-kisah remaja dengan berbagai nuansanya, mulai dari asmara, perjuangan mengejar mimpi, hingga tantangan-tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Koordinator AVC, Doni Ariyuz, mengungkapkan bahwa kompetisi ini telah memasuki tahun kelima sejak dimulai pada tahun 2019, di mana ide awalnya muncul untuk menciptakan sebuah acara yang bisa dilakukan dari rumah di masa pandemi, dengan menggunakan perangkat sederhana seperti handphone.

“Pada AVC yang ke-5 ini, kami menerima 22 karya animasi dan 48 film pendek yang berpartisipasi. Jika dihitung, sekitar 700 hingga 1000 siswa terlibat dalam pembuatan karya ini, dengan setiap film melibatkan sekitar 5 hingga 10 orang,” ujar Doni. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para guru yang telah mendampingi siswa-siswinya dalam proses pembuatan video tersebut, serta berharap agar para siswa dapat terus menjadi insan kreatif di masa yang akan datang.

Rangkaian AVC 2024 ini dimulai sejak pendaftaran pada awal Februari 2024, diikuti dengan bimbingan teknis dari para ahli di bidang film dan animasi kepada sekolah-sekolah peserta. Setelah semua karya dikumpulkan, proses screening dilakukan pada tanggal 10-18 Juli 2024, yang kemudian dilanjutkan dengan proses penjurian yang berlangsung cukup ketat.

Aryanto Yuniawan, M.Kom, Komisaris PT Mataram Surya Visi Sinema (MSV Studio) sekaligus Dewan Juri AVC 2024, menyampaikan bahwa kualitas karya yang masuk tahun ini sangat baik, sehingga sulit untuk menentukan pemenang. Namun, dalam sebuah kompetisi tentu harus ada pemenang, dan karya terbaik dipilih berdasarkan ketepatan waktu, kesesuaian dengan tema, serta eksekusi yang tepat.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Bagi yang belum menang, jangan putus asa. Teruslah berkarya, mungkin tahun depan bisa menang,” tambahnya.

Berikut ini adalah hasil dari AVC 2024

Universitas Amikom Yogyakarta sendiri sangat mengapresiasi antusiasme sekolah dalam mengikuti kompetisi video antar sekolah ini. Dalam Smabutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M., menyampaikan bahwa Kompetisi AVC ini bisa dianggap sebagai wadah penting untuk mengasah keterampilan teknis dan pemahaman terhadap karya sinematografi, serta sebagai kesempatan untuk belajar dan melihat karya dari sekolah-sekolah lain.
“Keberanian untuk berkompetisi itu sendiri sudah merupakan kemenangan. Masalah juara—apakah juara 1, juara 2, atau “Best of the Best” itu hanya bonus. Yang penting adalah keberanian untuk mengikuti kompetisi.”, Tambahnya.