KJRI Cape Town Jembatani Kerjasama Bidang Perfilman dengan Universitas Cape Town Afrika Selatan

4 July 2024 | Berita Utama

Dalam pertemuannya dengan Wakil Rektor Universitas Cape Town Prof. B. Daya Reddy, Ph.D, di Wisma KJRI, Afrika Selatan, Rabu (19/6/2024), Konsul Jenderal (Konjen) RI Cape Town, Tudiono membantu menjembatani kerjasama bidang perfilman antara Universitas Amikom Yogyakarta dengan Universitas Cape Town.

Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian upaya KJRI Cape Town untuk memperkuat kerjasama antara Universitas yang ada di Indonesia dan Cape Town. Universitas Cape Town (UCT) sendiri adalah Universitas terbaik di Afrika Selatan, dimana tahun ini menduduki peringkat ke-167 World University Rankings berdasarkan Times Higher Education (THE).

Dalam pertemuan itu, Konjen RI, Tudiono menyampaikan, Indonesia dan Afrika Selatan tahun ini memperingati 30 tahun hubungan diplomatik. Momentum tersebut diperingati dan rayakan dengan serangkaian kegiatan dan inisiatif untuk memperkokoh hubungan kedua negara.

UCT diyakini dapat berperan penting dalam penguatan kerja sama pendidikan dan sosial dan budaya dengan memanfaatkan momentum penting tersebut.

Saat ini potensi kerjasama bidang pendidikan sangat terbuka. Sejumlah Universitas di Indonesia siap menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan universitas-universitas di Cape Town seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Malang, Universitas Bina Nusantara, Universitas Andalas, Universitas Islam Internasional Indonesia, dan lain-lainnya.

Prof. Daya Reddy sangat antusias terhadap usulan pengembangan kerjasama pendidikan dengan universitas-universitas di Indonesia. Salah satu Poin yang menjadi bahasan dalam pertemuan tersebut adalah usulan kerjasama bidang perfilman antara Universitas Amikom Yogyakarta dengan Centre for Film and Media Studies UCT.

Beliau sangat tertarik dengan Festival Film Indonesia ((FFI) di Cape Town yang akan diadakan pada tanggal 10-11 November 2024 di lapangan Castle of Good Hope dan di ruang theater seni budaya di Cape Town. Festival Film ini nantinya akan menampilkan berbagai film indonesia, termasuk film animasi The Battle of Surabaya yang sudah meraih puluhan perhargaan Internasional.

Sumber:
https://www.antaranews.com/berita/4161120/kjri-cape-town-dorong-penguatan-kerja-sama-pendidikan
https://www.orinews.id/2024/06/20/konjen-ri-perkuat-kerjasama-pendidikan-dengan-cape-town/