Universitas Amikom Yogyakarta Perpanjang Kkerjasama Dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

4 July 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 27 Juni 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta memperpanjang kerjasama dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya dalam sebuah acara penandatanganan MoU yang diadakan di kampus Amikom pada Kamis, 27 Juni 2024. Penandatanganan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Muhammad Said Hasibuan, M.Kom, yang didampingi oleh Ketua Prodi Sistem Komputer, Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I. Dari pihak Universitas Amikom Yogyakarta, MoU tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Bagian Kerja Sama Nasional dan Internasional, Dr. Arief Setyanto, S.Si., M.T.

Dr. Muhammad Said Hasibuan menyatakan bahwa dalam penandatanganan nota kesepahaman ini juga dibahas mengenai pertukaran mahasiswa dan dosen antara kedua institusi. “Kita akan melaksanakan pertukaran mahasiswa dan kolaborasi dosen Amikom dan dosen IIB Darmajaya untuk melakukan pertukaran mengajar,” ujarnya. Selain itu, ia menambahkan bahwa kedua perguruan tinggi akan melakukan joint research dengan pembiayaan riset dan publikasi bersama di jurnal bereputasi, seperti Scopus. “Mahasiswa juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan studi ke Amikom dalam transfer knowledge, khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer,” lanjutnya.

Kerjasama antara Universitas Amikom Yogyakarta dan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya mencakup berbagai bidang, termasuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, kolaborasi riset, dan pengembangan sumber daya. Selain itu, kerjasama ini juga meliputi penyelenggaraan kegiatan ilmiah seperti kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya, peningkatan kualitas tata kelola kelembagaan, serta peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan berbagai kegiatan lain yang disepakati oleh kedua pihak juga menjadi bagian dari kerjasama ini.

Dr. Arief Setyanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perpanjangan kerjasama ini dan berharap hubungan baik yang telah terjalin bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Beberapa poin yang dihighlight dalam pertemuan tersebut adalah tentang pertukaran mahasiswa secara mandiri, pertukaran dosen mengajar, kolaborasi riset, dan sinergi di bidang pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya perpanjangan kerjasama ini, diharapkan kedua institusi dapat semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.