Pelepasan Purna Tugas Drs. Tahajuddin Sudibyo, Terima Kasih Pak Tahajuddin.

20 September 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 19 September 2024 – Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan acara pelepasan purna tugas bagi Drs. Tahajuddin Sudibyo, M.A., dosen senior sekaligus Ketua Program Studi Hubungan Internasional, yang telah memasuki masa pensiun.

Bpk. Tahajuddin Sudibyo sendiri mulai bergabung dengan Universitas Amikom Yogyakarta pada tahun 1999 sebagai dosen Bahasa Inggris di STMIK Amikom (sekarang Universitas Amikom Yogyakarta). Tahun 2009, beliau mengemban tugas tambahan sebagai staf ahli Rektor. Setahun kemudian, beliau diangkat menjadi dosen tetap. Lalu, Saat Amikom berubah bentuk menjadi Universitas, beliau mendapatkan amanah sebagai Kaprodi S1 Hubungan Internasional.

Dalam sambutannya, Drs. Tahajuddin Sudibyo menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan selama 25 tahun mengabdikan diri di Amikom. Beliau mengungkapkan betapa atmosfer kekeluargaan yang kental di lingkungan Universitas Amikom Yogyakarta membuatnya merasa nyaman sejak awal bergabung.

“Saya melihat atmosfer di Amikom sangat kekeluargaan, seperti di rumah. Meskipun ada manajemen struktural, tapi rasa menghargai antar manusia sangat terasa,” ungkap beliau.

Tahajuddin juga memuji perkembangan pesat yang dicapai Amikom, berkat kombinasi antara manajemen yang profesional dan pendekatan spiritual yang selalu dipegang teguh. Beliau berharap suasana kekeluargaan dan semangat pengabdian yang selama ini terjalin di Amikom tetap dipertahankan di masa depan.

Ketua Yayasan Amikom Yogyakarta, Dr. Rum M. Andri Kristiyanto Rasyid, turut memberikan penghargaan yang tinggi terhadap kontribusi besar Pak Tahajuddin dalam perjalanan panjang Amikom. “Pak Tahajuddin telah menjadi bagian integral dalam perkembangan Amikom hingga saat ini. Kami berharap beliau tetap menjadi bagian dari keluarga besar Amikom, meskipun sudah memasuki masa purnatugas,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Pengurus Yayasan Amikom Yogyakarta, Dr. Muhamad Idris Purwanto, M.M., yang menyampaikan rasa terima kasih atas dedikasi yang diberikan Pak Tahajuddin selama ini. Beliau menekankan bahwa dedikasi ini merupakan bagian dari amal jariyah, terutama ilmu yang telah ditransfer kepada para mahasiswa selama bertahun-tahun.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dan kenang-kenangan kepada Drs. Tahajuddin Sudibyo sebagai simbol penghargaan atas dedikasi panjangnya, serta diiringi pantun perpisahan dari beliau yang membawa suasana menjadi lebih hangat dan penuh kebersamaan.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, MM, memberikan apresiasi khusus kepada Pak Tahajuddin yang telah mengabdi begitu lama di Universitas Amikom Yogyakarta. Beliau menyebutkan bahwa Pak Tahajuddin adalah dosen yang sangat berkompeten, bahkan menjadi “dosen peringkat satu” di masanya, serta memberikan banyak pelajaran berharga kepada rekan-rekan dosen lainnya.

“Terima kasih banyak atas pengabdian panjang Pak Tahajuddin kepada Amikom. Semoga kita tetap bisa bekerja sama dan ada hal-hal lain yang bisa kita kerjakan bersama untuk membuat Amikom lebih baik.”, Tambahnya.