MoU antara Universitas Amikom Yogyakarta dengan Institut Teknologi Garut

20 September 2024 | Berita Utama

*Yogyakarta (19/09/2024)* – Dalam upaya memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Amikom Yogyakarta secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Garut (ITG) pada tanggal 19 September 2024.

MoU ditandatangani oleh Prof. Dr. M. Suyanto, MM. (Rektor Universitas Amikom Yogyakarta) dan Prof. Dr. Hilmi Aulawi, S.T., M.T., IPU (Rektor Institut Teknologi Garut) dalam rangka memperkuat pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta inovasi yang sejalan dengan visi kedua perguruan tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, ITG yang diwakili oleh Encep Jiyanul Hayat, M.T., (Kepala Biro Kerjasama ITG), Anung Andi Hidayatullah, M.T., (Ketua PS Teknik Industri ITG), dan M. Rikza Nashrulloh, M.Kom, (Ketua PS Sistem Informasi ITG) juga melakukan kunjungan dan mengantarkan empat orang mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi Garut) mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Mandiri Inbound di Universitas Amikom Yogyakarta. Delegasi dari ITG disambut langsung oleh Hanif Al Fatta, M.Kom (Dekan Fakultas Ilmu Komputer) dan Anggit Dwi Hartanto, M.Kom (Ketua Program Studi Sistem Informasi)

Program PMM Mandiri adalah sebuah bentuk dorongan kebijakan Kampus Merdeka yang mendorong Perguruan Tinggi (PT) untuk menjalankan program MBKM secara mandiri, Program ini Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa belajar di lingkungan akademik yang berbeda, memperkaya pengalaman mereka di bidang informatika, serta memperluas wawasan lintas budaya.

Selama satu semester, para mahasiswa akan terlibat dalam perkuliahan dan penelitian yang didampingi oleh dosen-dosen Amikom. Program ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademis mereka, tetapi juga memperkuat keterampilan sosial serta memperluas jaringan antar Perguruan tinggi. Pengalaman ini diharapkan dapat mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global, baik di dunia kerja maupun penelitian.

Kerjasama ini menjadi landasan kuat bagi kedua institusi dalam mendorong inovasi pendidikan tinggi di Indonesia, serta memperkuat kolaborasi yang berkelanjutan di masa depan.