Tim Silvanus AMIKOM Juara 3 AI Datathon 2024

14 August 2024 | Berita Utama

**Yogyakarta, 14 Agustus 2024** – Tim Silvanus Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil meraih Juara 3 dalam ajang AI Datathon 2024 yang diselenggarakan oleh Kolaborasi Riset & Inovasi Kecerdasan Artificial Indonesia (KORIKA) bekerja sama dengan BMKG dan GLAIR.

Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong percepatan implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam aksi pengendalian perubahan iklim di Indonesia, dengan mengusung tema “Advancing Human Wellbeing Through Climate Change Solutions.”

AI Datathon 2024 diadakan selama bulan Juli hingga Agustus 2024, dengan proses seleksi ketat yang menyisakan 15 tim terbaik dari 62 peserta yang mendaftar. Final pitching dilaksanakan pada 5 Agustus 2024 di Auditorium BMKG, di mana para finalis mempresentasikan solusi inovatif mereka. Pengumuman pemenang disampaikan pada acara puncak The 4th Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2024 yang berlangsung pada 13 Agustus 2024 di JIExpo, Jakarta.

Tim Silvanus Amikom, yang terdiri dari Hafidz Sanjaya (Mahasiswa PJJ S2 Informatika), Arif Nur Rohman (Alumni S2 Informatika dan Dosen S1 Sistem Informasi), serta Muhammad Fajar Ash Shiddiq (Mahasiswa BCI). Dalam AI Datathon 2024, tim SILVANUS AMIKOM mengusulkan pemanfaatan data yang ada di BMKG yang dikombinasilan data-data lain dari berbagai sumber serta melakukan prediksi terhadap nilai data tersebut yang kemudian divisuliasasikan untuk membantu stakeholder dalam memantau kondisi hutan di nusantara sekaligus menilai keefektifan berbagai program dan kebijakan yang berlaku di wilayah hutan tersebut dengan berbagai parameter.
.
Konsep ini merupakan salah satu turunan dari aplikasi yang dikembangkan oleh tim SILVANUS AMIKOM sebagai anggota Konsorsium SILVANUS dalam sebuah user product yang diberi nama Continues Monitoring and Resilience Index (CMRI).

Keberhasilan Tim Silvanus AMIKOM ini merupakan bukti nyata kontribusi Universitas AMIKOM Yogyakarta dalam bidang inovasi teknologi dan kecerdasan buatan, serta komitmen universitas untuk mendukung upaya global dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Berikut ini adalah Video Streaming terkait dengan Kegiatan tersebut:
Final AI Datathon 2024

Pengumuman Pemenang AI Datathon 2024