Universitas Amikom Yogyakarta Gelar Acara Wisuda Periode 91

28 July 2024 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta menggelar acara wisuda bagi 375 wisudawan/wisudawati dalam acara Wisuda Periode 91, yang diselenggarakan di Grand Pacific Hall pada Sabtu, 27 Juli 2024 2024. Wisuda ini mencakup jenjang pendidikan D3, S1, dan S2, dan S3, menandai pencapaian akademik bagi Para mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. M. Suyanto, MM, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga acara wisuda dapat berlangsung dengan baik. Beliau bercerita tentang ilmu Alkemi, dimana terdapat empat hal penting untuk sukses: menggunakan hati dan rasa dalam bergaul, berempati, menjadi pelayan untuk menjadi luar biasa, dan berbuat dengan ikhlas sebagai jembatan menuju keberhasilan di masa depan.

Pada Kesempatan tersebut, Prof. Suyanto juga menyampaikan bahwa Amikom membuka peluang beasiswa dari Pemda seluruh Indonesia bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Misalnya, dengan Pemda Sleman setiap tahun menerima beasiswa bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu sebanyak 150 mahasiswa. Amikom Juga memiliki “Teaching Industry” atau “Laboratorium Dunia Kerja” dengan berbagai badan usaha milik AMIKOM yang memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa

Selain itu, Beliau juga berbagi tentang berbagai pencapaian Universitas Amikom Yogyakarta di Tingkat Global, salah satunya adalah terkait keberhasilan Amikom yang mendapatkan pengakuan sebagai universitas terdepan dalam kategori “Leadership” oleh The World University Rankings for Innovation (_WURI_) 2024.

Pencapaian Universitas Amikom Yogyakarta tersebut diapresiasi oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D. Ini membuktikan bahwa mahasiswa dan alumni Universitas AMIKOM siap menjadi pemimpin di mana pun mereka berada.

Dalam Kesempatan tersebut, Beliau juga mengingatkan para wisudawan bahwa wisuda ini bukan akhir dari belajar, tetapi awal dari perjuangan sesungguhnya. Tantangan di era revolusi industri 4.0 menuntut para wisudawan untuk membuktikan keterampilan mereka di dunia profesional. Beliau menggarisbawahi lima keterampilan penting yang harus dikuasai oleh para fresh graduate menurut Job Outlook 2023: problem-solving skills, teamwork, work ethics, analytical skills, dan communication skills.

Pada wisuda kali ini, Universitas Amikom Yogyakarta mewisuda sebanyak 375 wisudawan/wisudawati, yang mencakup 32 lulusan D3, 317 lulusan S1, dan 26 lulusan S2. Wisuda Periode 91 ini juga memberikan penghargaan khusus kepada wisudawan terbaik dari tiap jenjang. Untuk jenjang Strata 2, penghargaan diberikan kepada Fidya Farasalsabila, M.Kom (22.51.1189) dengan IPK 3,88. Untuk jenjang Strata 1, penghargaan diraih oleh Arizka Indah Dwi Nugraheni, S.Kom. (20.82.1051) juga dengan IPK 3,99. Sementara itu, untuk jenjang Diploma 3, penghargaan diberikan kepada Sahid Anwar, A.Md.Kom (21.02.0669) dengan IPK 3.96.

Ketua Pengurus Yayasan Amikom Yogyakarta, Dr. Rum M. Andri Kristiyanto Rasyid, mengajak para wisudawan untuk mengenang kembali perjalanan pendidikan mereka di Universitas Amikom, dimulai dari pelatihan Super Unggul hingga sesi Goal Setting.

Dalam pelatihan tersebut, Beliau menyoroti lima jenis kesuksesan yang dapat diraih oleh para wisudawan setelah lulus dari Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu: kesuksesan pribadi melalui Jenjang Pendidikan, Lalu kesuksesan karir, Kesuksesan sosial, kesuksesan keluarga dan yang terakhir, yang paling hakiki adalah kesuksesan religius.

“Intinya, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Hari esok harus lebih baik dari hari ini.”, Tambahnya.

Berikut ini adalah Video Live Wisuda Universitas Amikom Yogyakarta yang ke 91