Pameran Karya AMICTA 2024

12 July 2024 | Berita Utama

Yogyakarta, 9 Juli 2024 – Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan bangga menggelar Pameran Karya AMICTA 2024 yang berlangsung pada tanggal 9 Juli 2024, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, di Basement 5. Pameran ini merupakan salah satu rangkaian acara dari AMICTA 2024, yang dimulai sejak peluncuran pada tanggal 7 Juni 2024 dan akan mencapai puncaknya pada acara Awarding dan Inaugurasi pada tanggal 12 Juli 2024.

AMICTA 2024 mengusung tema “Messenger of Innovation Change” dengan simbol Hanoman, yang melambangkan semangat untuk membawa perubahan dan inovasi di bidang teknologi informasi. Karya-karya yang ditampilkan diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia dan secara khusus bagi para peserta untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman mereka di bidang IT.

Kompetisi ICT ini dibagi dalam 11 Kategori, dengan rincian 8 Kategori Produk based, yaitu: Videografi dan VFX, Animasi 2D & 3D, Media Pembelajaran (AR/VR), Aplikasi Sistem Informasi, UI/UX Design, Bisnis Digital, Pengembangan Game, AI dan IOT. Serta 3 Kategori Skill Based, yaitu: Pemrograman, Keamanan Siber, dan Jaringan.

Di gelaran Amicta 2024 ini, Total terdapat 377 pendaftar, dengan rincian 327 Tim untuk Produk based dan 50 Tim untuk kategori Skill Based. Selanjutnya untuk Kategori Produk Based, diseleksi lebih lanjut hingga menyisakan 50 Tim yang bisa mengikuti Pameran Karya AMICTA.

Pameran Karya AMICTA 2024 ini, Sekaligus juga Penjurian Tahap 2 untuk Peserta Kompetisi ini. Untuk Inovasi Produk Based, Selain dipamerkan di Basement 5, Peserta juga mempresentasikan produknya kepada Juri di Gedung 5 lantai 2 dan 3 untuk masing-masing kategori . Sedangkan untuk Inovasi Skill Based, Peserta menunjukan Kemampuannya di depan Juri langsung di laboratorium, dengan rincian Kategori Jaringan (LAB 7.5.1), Keamanan Cyber (Basemant 7), dan Pemrograman (7.5.2)

Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas AMIKOM Yogyakarta. Dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta AMICTA tahun ini dengan tagline “Messenger of Innovation Change.” Tagline ini adalah pesan yang luar biasa untuk AMICTA 2024 yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan Indonesia

Beliau juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat diikuti oleh siswa-siswa sekolah dan perguruan tinggi lainnya di seluruh Indonesia, sehingga acara ini bisa bersifat nasional.