Inagurasi Kompetisi ICT AMICTA 2024

12 July 2024 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta menggelar inagurasi Kompetisi ICT AMICTA 2024 di Ruang Cinema Amikom. Acara ini merupakan puncak dari Rangkaian Kegiatan AMICTA 2024 yang sudah berlangsung sejak dilaunching pada tanggal 7 Juni 2024 lalu, hingga puncaknya pada acara Awarding dan Inaugurasi pada tanggal 12 Juli 2024.

*AMICTA* merupakan kompetisi yang diadakan untuk meningkatkan budaya kompetisi berprestasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta pada Fakultas Ilmu Komputer (FIK). Tahun ini, *AMICTA 2024* mengusung tema “Messenger of Innovation Change” dengan simbol Hanoman, yang menggambarkan pesan perubahan dan inovasi dalam bidang teknologi informasi. Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengalaman peserta di bidang IT serta menjadi batu loncatan menuju kompetisi nasional dan internasional.

Kompetisi ICT ini dibagi dalam 11 Kategori, dengan rincian 8 Kategori Produk based, yaitu: Videografi dan VFX, Animasi 2D & 3D, Media Pembelajaran (AR/VR), Aplikasi Sistem Informasi, UI/UX Design, Bisnis Digital, Pengembangan Game, AI dan IOT. Serta 3 Kategori Skill Based, yaitu: Pemrograman, Keamanan Siber, dan Jaringan.

Dalam sambutannya, Ketua AMICTA, Bapak Banu Santoso, ST, MM., menyampaiakn bahwa dalam AMICTA 2024 ini Total terdapat 377 pendaftar, dengan rincian 327 Tim untuk Produk based dan 50 Tim untuk kategori Skill Based. Selanjutnya untuk Kategori Produk Based, diseleksi lebih lanjut hingga menyisakan 50 Tim yang bisa mengikuti Pameran Karya AMICTA.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga menyoroti ide-ide kreatif dan inovatif yang ditunjukkan oleh para peserta, serta peran penting dari 24 orang pembimbing yang mendampingi setiap tim.

Beliau berharap mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer dapat terus berpartisipasi aktif dan percaya diri dalam mengikuti lomba di tingkat nasional maupun internasional.

Berikut adalah hasil AMICTA 2024:

Kategori : Media Pembelajaran dan AR/VR
Juara 1 Emiiy Muhammad Akbar Barokha, Fikan Wahyu gayuh, Ari Surya Mukti, dan M. Caesar risky
Juara 2 VR Museum Arkheofosil Indra Febryan Noor, Desy Ikasari, dan Syahnaz Tasya M.N.I
Juara 3 S-Quiz VR Basrian Burhan Utomo, Farel Ahmed Andrian, dan Tsua’un Ibnu Alif Fatthakurrozak
Kategori : Video dan Animasi 2D/3D
Juara 1 Endless Ahmad Wahyu Adimas, Ahmad Riziq Fahreji, Muhammad Luqman Ramdhan, Fiardhi Alkahfi Din Farzanggi,Krisna Arimurti Jayawardana”
Juara 2 KAGAMI of The Truth Identity Stefanus Archiegian Krishna Pandu, Eldy Nurcahya, Muhammad Azis Tsabitul Azmi
Juara 3 Punakawan Pirtual: Tegakkan Ideologi Pancasila Haikkal Arista, Hafidz Fachrudin, Aldino
Kategori : Videografi dan VFX
Juara 1 The Enigmatic Chronicles Wahid Sancoko, Moch. Sholeh, M. Ihsan Diansyahputra, Zaidan Nofian, Yustinus Servulus Moa
Juara 2 FINAL BATTLE Wildansyah Maparoja, Dimas Satria Riansyah, Naufal Richo Giffari Saputra, Ardiyan Rizki Nugraha
Juara 3 MAKRO Joshua Orvangga Setiawirawan, Brilliant Reynanda Surya, Gelda Sakti Irawan
Kategori : Aplikasi Sistem Informasi
Juara 1 Preducation Ika Purwanti, Dhina Bastari Rochim, Irfiyanda Abidin
Juara 2 Sistem Informasi Pemesanan Lapangan Badminton Margajaya Aliefangga Harwa Nasir, Muhammad Alfauzan, Adrian
Juara 3 Sistem Informasi kedai makan Mrb berbasis android DEVANO AHMAD FADLOLI
Kategori : UI/UX Design
Juara 1 WorkWeave (Website Kolaborasi Projek Freelance) Fiqhin Alhan Munfiqo, Muhammad Reyhan, Syaifuddin Al Masyie, Wahyu Ari Kristanto
Juara 2 Aplikasi Pemesanan Tukang Online (Makaryo) Ibrahim Aji Fajar Romadhon, Muhammad Alfauzan, Aliefangga Harwa Nasir,Shobarudin, Muhammad Afif F
Juara 3 ApoLine (Apotek Online) Hanief Fadlilul Haq, Bagas Ardianto, Ghibran Ahmad Ghaffar, Muhammad Alfian S. A, Muhammad Jaelani R. A. S
Kategori : Bisnis Digital
Juara 1 SkillUpKids : Platform untuk Maksimalkan Potensi Si Kecil Rachmat Fachrurrozi, Eldiva Tegar Imananda, M.Gusbayu Aji Setiawan
Juara 2 Cleanee Muhammad Reza Apriyansyah, Rifandi Annas S, ibrahim el gibran, Deandra Gerva Oxa Bernino
Juara 3 Tambaline (Tambal Ban Online) Dionisius Rizky Pramusinto, Kevin Arnandes, Dhaniar Febrin Wahyudi, Badiatur Rohmah, Pinta Fariha Salmanisa
Kategori : Pengembangan Game
Juara 1 Bound By Destiny Agies Sulthan Thoriq, Arsal Ihtifazzudin, Ricki Darmawan Putra
Juara 2 RPG Math Rifqi Faalih Khosyi, Ardyva Sandy Nugraha, Muhammad Rizky Kurniawan, Ari Malik Nur’alim, Dany Nur Irfan
Juara 3 Lost Doll Ricki Darmawan Putra, Agies Sulthan Thoriq, Arsal Ihtifazzudin, Dhea Ananda
Kategori : AI dan IOT
Juara 1 Sistem Monitoring Kualitas Air AquaSense Yang Terintegrasi dengan Internet of Things untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Berkelanjutan.  Muhamad Nauval Hakim, Bayu Arief Ramadhan, Natasha Putri Rondonuwu, Muhammad Hisyam Ramadhan
Juara 2 Peeace YOGA DWI SUSENA, KEVIN ARNANDES, FERRY FEBRIANSYAH
Juara 3 Anastasia – AI Chatbot Assistant for Mental Health and Personal Development Daffa Tsabit Murtadha, Muhammad Alfi Hidayat, Gusti Padaka
Winner Ketegori Keamanan Siber
Juara 1 Tim MAHASISWA KULIAH PULANG Bima Ikhsan Andi, Abdul Aziz Surya Prawira, Vivin Wahyudi, Respati Budi Sasongko, Praditya Aldi Syahputra
Juara 2 Tim Nama Tim e Opo? Athaya Ramadhan Yumna Pranawa, Raihan Rinto Andiansyah
Juara 3 Tim TheMorningStar Muhammad Arrya Zhahir Zain, Satria Irfan Prayoga
Winner Ketegori Jaringan Komputer
Juara 1 RTO Dian Andrian, Riki Nur Indra Putra, Mukhlis Nur Arif, Calvin Rudiansyah Putra Nugraha, Danang Tri Atmaja
Juara 2 Clone Of The Clown Rodif Zainul Isro`i
Juara 3 NETACOM REBORN Aiko Nur Hendry Yansyah, Athaya Ramadhan Yumna Pranawa
Winner Ketegori Pemrograman
Juara 1 Muhamad hamdan arosyid & Masga Satria Wirawan
Juara 2 Heru Kristanto
Juara 3 Rahmat Wahyuma Akbar, Muchamad Sanaya Almatin, Alfian Ramadhan
Juara Terfavorit
The Dead Eye (Kategori Videografi dan VFX)