Universitas Amikom Yogyakarta menggelar inagurasi Kompetisi ICT AMICTA 2024 di Ruang Cinema Amikom. Acara ini merupakan puncak dari Rangkaian Kegiatan AMICTA 2024 yang sudah berlangsung sejak dilaunching pada tanggal 7 Juni 2024 lalu, hingga puncaknya pada acara Awarding dan Inaugurasi pada tanggal 12 Juli 2024.
*AMICTA* merupakan kompetisi yang diadakan untuk meningkatkan budaya kompetisi berprestasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta pada Fakultas Ilmu Komputer (FIK). Tahun ini, *AMICTA 2024* mengusung tema “Messenger of Innovation Change” dengan simbol Hanoman, yang menggambarkan pesan perubahan dan inovasi dalam bidang teknologi informasi. Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengalaman peserta di bidang IT serta menjadi batu loncatan menuju kompetisi nasional dan internasional.
Kompetisi ICT ini dibagi dalam 11 Kategori, dengan rincian 8 Kategori Produk based, yaitu: Videografi dan VFX, Animasi 2D & 3D, Media Pembelajaran (AR/VR), Aplikasi Sistem Informasi, UI/UX Design, Bisnis Digital, Pengembangan Game, AI dan IOT. Serta 3 Kategori Skill Based, yaitu: Pemrograman, Keamanan Siber, dan Jaringan.
Dalam sambutannya, Ketua AMICTA, Bapak Banu Santoso, ST, MM., menyampaiakn bahwa dalam AMICTA 2024 ini Total terdapat 377 pendaftar, dengan rincian 327 Tim untuk Produk based dan 50 Tim untuk kategori Skill Based. Selanjutnya untuk Kategori Produk Based, diseleksi lebih lanjut hingga menyisakan 50 Tim yang bisa mengikuti Pameran Karya AMICTA.
Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga menyoroti ide-ide kreatif dan inovatif yang ditunjukkan oleh para peserta, serta peran penting dari 24 orang pembimbing yang mendampingi setiap tim.
Beliau berharap mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer dapat terus berpartisipasi aktif dan percaya diri dalam mengikuti lomba di tingkat nasional maupun internasional.
Berikut adalah hasil AMICTA 2024:
Kategori : Media Pembelajaran dan AR/VR | ||
Juara 1 | Emiiy | Muhammad Akbar Barokha, Fikan Wahyu gayuh, Ari Surya Mukti, dan M. Caesar risky |
Juara 2 | VR Museum Arkheofosil | Indra Febryan Noor, Desy Ikasari, dan Syahnaz Tasya M.N.I |
Juara 3 | S-Quiz VR | Basrian Burhan Utomo, Farel Ahmed Andrian, dan Tsua’un Ibnu Alif Fatthakurrozak |
Kategori : Video dan Animasi 2D/3D | ||
Juara 1 | Endless | Ahmad Wahyu Adimas, Ahmad Riziq Fahreji, Muhammad Luqman Ramdhan, Fiardhi Alkahfi Din Farzanggi,Krisna Arimurti Jayawardana” |
Juara 2 | KAGAMI of The Truth Identity | Stefanus Archiegian Krishna Pandu, Eldy Nurcahya, Muhammad Azis Tsabitul Azmi |
Juara 3 | Punakawan Pirtual: Tegakkan Ideologi Pancasila | Haikkal Arista, Hafidz Fachrudin, Aldino |
Kategori : Videografi dan VFX | ||
Juara 1 | The Enigmatic Chronicles | Wahid Sancoko, Moch. Sholeh, M. Ihsan Diansyahputra, Zaidan Nofian, Yustinus Servulus Moa |
Juara 2 | FINAL BATTLE | Wildansyah Maparoja, Dimas Satria Riansyah, Naufal Richo Giffari Saputra, Ardiyan Rizki Nugraha |
Juara 3 | MAKRO | Joshua Orvangga Setiawirawan, Brilliant Reynanda Surya, Gelda Sakti Irawan |
Kategori : Aplikasi Sistem Informasi | ||
Juara 1 | Preducation | Ika Purwanti, Dhina Bastari Rochim, Irfiyanda Abidin |
Juara 2 | Sistem Informasi Pemesanan Lapangan Badminton Margajaya | Aliefangga Harwa Nasir, Muhammad Alfauzan, Adrian |
Juara 3 | Sistem Informasi kedai makan Mrb berbasis android | DEVANO AHMAD FADLOLI |
Kategori : UI/UX Design | ||
Juara 1 | WorkWeave (Website Kolaborasi Projek Freelance) | Fiqhin Alhan Munfiqo, Muhammad Reyhan, Syaifuddin Al Masyie, Wahyu Ari Kristanto |
Juara 2 | Aplikasi Pemesanan Tukang Online (Makaryo) | Ibrahim Aji Fajar Romadhon, Muhammad Alfauzan, Aliefangga Harwa Nasir,Shobarudin, Muhammad Afif F |
Juara 3 | ApoLine (Apotek Online) | Hanief Fadlilul Haq, Bagas Ardianto, Ghibran Ahmad Ghaffar, Muhammad Alfian S. A, Muhammad Jaelani R. A. S |
Kategori : Bisnis Digital | ||
Juara 1 | SkillUpKids : Platform untuk Maksimalkan Potensi Si Kecil | Rachmat Fachrurrozi, Eldiva Tegar Imananda, M.Gusbayu Aji Setiawan |
Juara 2 | Cleanee | Muhammad Reza Apriyansyah, Rifandi Annas S, ibrahim el gibran, Deandra Gerva Oxa Bernino |
Juara 3 | Tambaline (Tambal Ban Online) | Dionisius Rizky Pramusinto, Kevin Arnandes, Dhaniar Febrin Wahyudi, Badiatur Rohmah, Pinta Fariha Salmanisa |
Kategori : Pengembangan Game | ||
Juara 1 | Bound By Destiny | Agies Sulthan Thoriq, Arsal Ihtifazzudin, Ricki Darmawan Putra |
Juara 2 | RPG Math | Rifqi Faalih Khosyi, Ardyva Sandy Nugraha, Muhammad Rizky Kurniawan, Ari Malik Nur’alim, Dany Nur Irfan |
Juara 3 | Lost Doll | Ricki Darmawan Putra, Agies Sulthan Thoriq, Arsal Ihtifazzudin, Dhea Ananda |
Kategori : AI dan IOT | ||
Juara 1 | Sistem Monitoring Kualitas Air AquaSense Yang Terintegrasi dengan Internet of Things untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Berkelanjutan. | Muhamad Nauval Hakim, Bayu Arief Ramadhan, Natasha Putri Rondonuwu, Muhammad Hisyam Ramadhan |
Juara 2 | Peeace | YOGA DWI SUSENA, KEVIN ARNANDES, FERRY FEBRIANSYAH |
Juara 3 | Anastasia – AI Chatbot Assistant for Mental Health and Personal Development | Daffa Tsabit Murtadha, Muhammad Alfi Hidayat, Gusti Padaka |
Winner Ketegori Keamanan Siber | ||
Juara 1 | Tim MAHASISWA KULIAH PULANG | Bima Ikhsan Andi, Abdul Aziz Surya Prawira, Vivin Wahyudi, Respati Budi Sasongko, Praditya Aldi Syahputra |
Juara 2 | Tim Nama Tim e Opo? | Athaya Ramadhan Yumna Pranawa, Raihan Rinto Andiansyah |
Juara 3 | Tim TheMorningStar | Muhammad Arrya Zhahir Zain, Satria Irfan Prayoga |
Winner Ketegori Jaringan Komputer | ||
Juara 1 | RTO | Dian Andrian, Riki Nur Indra Putra, Mukhlis Nur Arif, Calvin Rudiansyah Putra Nugraha, Danang Tri Atmaja |
Juara 2 | Clone Of The Clown | Rodif Zainul Isro`i |
Juara 3 | NETACOM REBORN | Aiko Nur Hendry Yansyah, Athaya Ramadhan Yumna Pranawa |
Winner Ketegori Pemrograman | ||
Juara 1 | Muhamad hamdan arosyid & Masga Satria Wirawan | |
Juara 2 | Heru Kristanto | |
Juara 3 | Rahmat Wahyuma Akbar, Muchamad Sanaya Almatin, Alfian Ramadhan | |
Juara Terfavorit | ||
The Dead Eye (Kategori Videografi dan VFX) |