Seminar Nasional Informatika 2021

27 January 2021 | Berita Utama

Pada tanggal 16 Januari 2021 telah berlangsung acara Seminar Nasional Informatika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta. Dikarenakan sampai saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 maka dengan terpaksa dilakukan secara Online. Yang pada akhirnya acara ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meetings yang dimulai dari pukul 08.00 – 12.30. Adapun acara seminar ini terbuka untuk mahasiswa dari AMIKOM sendiri maupun mahasiswa luar AMIKOM dan masyarakat umum.

Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta tahun ini mengangkat tema “The Role of Data Science and Predictive Analytics in Industry 4.0”. Tema ini diangkat karena dilatarbelakangi oleh  Revolusi di Industry 4.0 memacu perkembangan teknologi yang melibatkan mesin dan data untuk dapat membantu pekerjaan dan system menjadi lebih efektif atau dikenal dengan istilah data science. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta memiliki keinginan memberikan pemahaman juga tentang belajar tentang teknologi tetapi jangan sampai kita dikalahkan oleh teknologi. Kita harus berusaha untuk meningkatkan kemampuan belajar serta keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan era industry 4.0, sehingga kita akan mempunyai daya saing yang lebih kuat. Dengan penjelasan mengenai Data Science and Predictive Analytics diharapkan para peserta mampu membuka pikiran untuk belajar teknologi untuk menghadapi era Industry 4.0 Adapun acara ini dia wali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, doa, sambutan Ketua Panitia, sambutan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta, sambutan Kepala  Prodi S1 Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta, Setelah rangkaian acara tersebut diambil alih oleh moderator yaitu Satya Abdul H. B., S. Kom yang merupakan Staff Kehumasan AMIKOM Yogyakarta dan pembicara pertama yaitu Dr. Romi Satria Wahono, M.Eng, Ph.D. yang merupakan Researcher and Technopreneur in Software Engineering, Enterprise Architecture and Data Mining.

Adapun poinpenting yang disampaikan oleh Dr. Romi Satria Wahono, M.Eng, Ph.D. tentang Data Data Science secara garis besar, Predictive Analytics beserta metode yang digunakan serta Keterkaitan antara Predictive Analytics dengan Data Mining, dan Implementasinya di Industry 4.0.

Setelah pemaparan materi pertama selesai, kemudian dilanjutkan dengan Fun Quiz sebelum menuju kepemateri kedua. Menuju pemateri kedua para peserta tampak masih antusias mengikuti acara seminar ini, yang terlihat dari masih banyaknya peserta seminar yang masih stand by di dalam Zoom Meetings dan terlihat dari keaktifan peserta seminar untuk bertanya serta menanggapi pertanyaan dari pembicara. Hingga kemudian akhirnya tiba untuk masuk pada agenda pemaparan materi oleh Pemateri kedua di seminar tahun ini yaitu Wahyu Herlambang, B. Sc. Yang merupakan Senior Data Analyst At Tech Company Indonesia.

Dalam materinya, menurut Wahyu Herlambang, B. Sc, – beliau memaparkan pemahaman tentang metode Predictive Analytics Menggunakan Data Mining, Teknik Predictive Analytics yang digunakan di Traveloka, Teknologi predictive analytics yang biasa digunakan di  Industry 4.0 Terutama Di Bidang E-Commerce. Prospek Kerja Data Scientist dan dibidang apa bekerjanya, Serta Pengalaman Bekerja Di Start Up.

Setelah penyampaian materi yang disampaikan oleh pemateri kedua kemudian acara dibawakan lagi oleh MC, dilanjutkan dengan hiburan oleh Guest Star yang dinantikan oleh para peserta yaitu hiburan berupa  Stand Up Comedy oleh Andang Ristian yang pernah tampil di Stand Up Comedy Academy 3.

Kemudian pada akhir acara diadakan pengumuman doorprize dan sesi foto bersama oleh pemateri, Moderator, MC, dan seluruh panitia. Penyampaian kesan dan pesan dari peserta seminar, dan pengumuman penanya terbaik. Muhammad Farhan Juna ketika diwawancarai sesudah acara seminar iniberlangsung terkait bagaimana kesannya setelah berhasil mengetuai acara seminar nasional ini yang telah berjalan dengan lancer mengatakan bahwa ia sangat bangga bias ada di posisi sebagai ketua dalam acara tersebut. Ia juga mengatakan mendapatkan banyak pembelajaran dalam kepanitiaan ini seperti tentang kepimimpinan, mengenal berbagai karakter manusia dan menghadapi segala masalah dengan team work yang handal.

Muhammad Farhan Juna berpesan semoga acara Seminar Nasional Himpunan  Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta kedepannya bias lebih baik, dapat mengusung tema yang lebih menarik, dan bias membentuk rasa kekeluargaan serta solidaritas antar panitia. Sedangkan harapannya bagi peserta yang sudah mengikuti Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta agar menjadi SDM yang berkualitas supaya dapat bersaing di Industry 4.0