Yogyakarta, 18 November 2024 – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta kembali menggelar Amikom Communication Award (ACA) 2024. Salah satu rangkaian utama acara ini adalah Screening karya mahasiswa yang berlangsung meriah di Ruang Cinema Universitas Amikom Yogyakarta, Senin (18/11).
Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan prodi sebagai ajang apresiasi karya mahasiswa. Tahun ini merupakan tahun keempat terselenggaranya ACA dengan mengusung tema Communication In Frame #6. Karya-karya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi banyak terlahir dari beberapa mata kuliah praktikum seperti Produksi Film, Produksi Acara Televisi, Produksi Siaran Radio dan masih banyak lagi. Dari mata kuliah ini menghasilkan karya mahasiswa seperti remake film, webseries, iklan layanan masyarakat, podcast dan lainnya.
Dalam sambutannya, Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta, Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.M., menyampaikan apresiasi mendalam terhadap pelaksanaan Amikom Communication Award (ACA) 2024.
“ACA adalah sebuah perjalanan panjang yang dimulai dari acara sederhana di basement dengan kreativitas mahasiswa angkatan pertama. Kini, acara ini semakin berkembang menjadi ajang prestisius yang merayakan karya mahasiswa Ilmu Komunikasi,” ujar Erik.
Erik juga menyoroti pentingnya acara ini sebagai wadah apresiasi karya mahasiswa di bidang komunikasi, seperti music video, short movie, dan karya kreatif lainnya. “ACA tidak hanya sekadar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi ruang pembelajaran, kolaborasi, dan inovasi bagi para mahasiswa,” tambahnya.
Ia berharap melalui ACA, akan muncul sineas-sineas muda berbakat yang dapat membawa nama baik Universitas Amikom Yogyakarta di kancah nasional bahkan internasional. Erik juga menekankan pentingnya terus menjaga semangat kolaborasi dan kreativitas untuk memajukan dunia komunikasi.
Selain menampilkan screening karya-karya kreatif mahasiswa, rangkaian acara Amikom Communication Award (ACA) 2024 juga diramaikan dengan talkshow ini menghadirkan diskusi mendalam dari perwakilan production house.
Sesi pertama menghadirkan tiga perwakilan production house pembuat music video terpilih: Nywood Visual, Cakra Fatah Production, dan Stellar Strade Production. Masing-masing berbagi kisah di balik layar pembuatan karya mereka.
Sedangkan, Di sesi kedua, giliran production house pembuat short movie yang berbagi pengalaman. Perwakilan dari Litz Creative, Cakrawala Production, dan Hartroots Creative hadir untuk membahas detail proses produksi mereka.
Sebagai penutup, Vidya T. Ariestya, seorang penulis skenario berpengalaman, membagikan wawasan berharga tentang seni menulis skenario. Vidya menjelaskan pentingnya memahami karakter secara mendalam untuk menciptakan cerita yang hidup dan relatable.
“Setiap karakter harus memiliki tujuan yang jelas, bahkan jika itu hanya berupa detail kecil. Itulah yang membuat cerita terasa nyata,” kata Vidya. Ia juga menekankan bahwa proses menulis skenario tidak hanya tentang membangun plot, tetapi juga tentang menyampaikan pesan yang kuat kepada penonton.
Dalam sesi tanya jawab, Vidya memberikan tips tentang bagaimana membangun struktur cerita yang solid dan teknik untuk mengatasi kebuntuan ide. “Menulis adalah perjalanan, dan seringkali hal-hal terbaik muncul saat kita tidak takut membuat kesalahan,” ujarnya, memotivasi peserta untuk terus berlatih.
Rangkaian acara Amikom Communication Award 2024 akan ditutup dengan malam penganugerahan pada 23 November 2024 di Taman Kuliner Condongcatur, Yogyakarta. Di malam puncak tersebut, para pemenang dari berbagai kategori seperti music video, graphic design, dan public service advertisement akan diumumkan.
ACA 2024 tidak hanya menjadi ajang apresiasi, tetapi juga bukti nyata semangat mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta dalam menghasilkan karya berkualitas tinggi yang relevan dengan dunia kreatif saat ini.