Ratusan Penerima Beasiswa Sleman Pintar Kuliah di Amikom

3 September 2024 | Berita Utama

Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Umum di Ruang Cinema Amikom terhadap 120 orang Mahasiswa Barunya yang menerima Beasiswa Sleman Pintar dari Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam agenda tersebut, mereka juga didampingi oleh Orangtua atau Walinya masing-masing.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan bahwa Program ini berawal dari keprihatinan terhadap kondisi kemiskinan yang seringkali diwariskan dari orang tua kepada anak-anaknya. Keprihatinan tersebut kemudian berbuah menjadi Program Beasiswa Sleman Pintar yang hingga kini sudah berjalan selama tiga tahun dan telah memberikan beasiswa kepada sekitar 400 mahasiswa.

“Beasiswa ini mencakup seluruh biaya pendidikan dari awal hingga akhir studi di perguruan tinggi. Ini adalah bentuk nyata dari komitmen kami untuk menciptakan generasi muda Sleman yang cerdas, kompeten, dan mampu bersaing di dunia kerja.”, Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga memberikan penghargaan kepada Universitas Amikom Yogyakarta atas perannya dalam mendukung program beasiswa Sleman Pintar. Beliau menyampaikan bahwa pemilihan Amikom sebagai mitra untuk program beasiswa ini bukan tanpa alasan, melainkan karena Amikom dianggap mampu membekali para mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk bersaing di dunia kerja yang semakin digital dan teknologi-sentris.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini, kuliah di Amikom adalah jembatan menuju masa depan yang lebih baik. Manfaatkan sebaik mungkin, karena ini adalah modal untuk kehidupan yang lebih sejahtera.” Tambahnya.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Sosial DIY, Bpk. Mustadi menyampaikan bahwa Program Sleman pintar ini sendiri merupakan program unggulan Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan Daerah yang diperuntukkan bagi warga Sleman yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun terkendala oleh keterbatasan finansial.

“pada angkatan pertama tahun 2022, program ini memberikan beasiswa kepada 120 mahasiswa, diikuti oleh 118 mahasiswa pada tahun 2023, dan tahun 2024 ini kembali memberikan beasiswa kepada 120 mahasiswa.”, Jelasnya.

Universitas Amikom Yogyakarta sendiri sangat mengapresiasi terselenggaranya Program Sleman pintar ini. Dalam Sambutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Achmad Fauzi, S.E, M.M., menekankan bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,

“Banyak di luar sana yang ingin kuliah, tetapi tidak memiliki kesempatan seperti kalian. Oleh karena itu, kalian harus mengoptimalkan segala keterbatasan dan kemampuan yang ada. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya, karena kesempatan seperti ini tidak akan datang dua kali.” Tegasnya.

Selanjutnya, Direktur Kehumasan Dan Urusan Internasional, Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng memberikan motivasi kepada Mahasiswa Baru Universitas Amikom Yogyakarta, Menurutnya, orang sukses adalah mereka yang memiliki energi positif dan mampu mempertahankan integritas dalam setiap langkah hidup mereka. Beliau juga menekankan bahwa kesuksesan tidak hanya diukur dari nilai, tetapi juga dari bagaimana seseorang memanfaatkan kesempatan yang ada dan mengembangkan potensi diri mereka.

“Ketika ada kesempatan kepada kita yang seperti ini, ambil kesempatan. Nggak usah mikir yang aneh-aneh. Fokus pada tujuan, karena kesempatan tidak datang dua kali.”, Kata Erik.